Logo English-10

Fakultas Hukum UNTAR

VISI

Menjadi wahana peng-emban-an disiplin hukum yang bermutu tinggi, berwawasan global, dengan tetap mengacu pada nilai-nilai ke-Indonesiaan, menjunjung tinggi keluhuran profesi, dan harkat manusia.

Menjadi wahana pengembanan “disiplin hukum”, artinya FH mengemban dan mempunyai tugas atau amanat untuk menyelenggarakan pendidikan hukum baik sebagai ilmu maupun keahlian, dengan kualifikasi sebagai berikut :

  1. Bermutu Tinggi artinya Program studi di lingkungan FH Untar baik S1, S2, S3 memiliki Akreditasi A.
  2. Berwawasan Global artinya bahwa kurikulum FH Untar memuat tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus yang membekali mahasiswa dalam bidang hukum yang transnasional dan internasional (FTA, WTO, ACFTA, AANZFTA).
  3. Dengan tetap mengacu pada nilai-nilai budaya ke-Indonesiaan artinya sekalipun kurikulum pendidikan FH bernuatan perpektif global, tetapi kurikulum FH Untar tidak meninggalkan nilai-nilai budaya ke-Indonesiaan sebagai ciri nya. Pertimbangannya yaitu bahwa Indonesia sebagai negara yang berkedaulatan mempunyai politik hukum sendiri yang dihormati oleh bangsa bangsa di dunia dan politik hukum Indonesia akan mewarnai tumbuh dan berkembangnya hukum di Indonesia.
  4. Menjunjung tinggi keluhuran profesi artinya dalam pendidikan hukum di FH UNTAR mempunyai semangat untuk membentuk lulusan yang berbudi luhur (lulusan FH Untar dalam menjalankan profesi di samping memiliki jiwa entrepreneur, juga menjunjung tinggi etika profesi dan etika bisnis).
  5. Menjunjung tinggi harkat manusia artinya kurikulum pendidikan di FH Untarr diharapkan mampu membekali lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai HAM, mengupayakan masyarakat Indonesia yang berkesadaran dan patuh terhadap hukum demi terciptanya keadilan

MISI

  • Membentuk dan menghasilkan tenaga ahli yang mampu berpikir ilmiah dan profesional dalam menghadapi masalah-masalah seperti melakukan identifikasi, analisa, asosiasi yang terampil dan berjiwa wiraswasta serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dalam mengabdi kepada masyarakat, berbudi luhur dan berperan serta dalam pembangunan nasional dengan berpedoman teguh kepada etika profesi sebagai insan intelektual dan kultural yang berwibawa.
  • Membentuk dan menghasilkan sarjana yang mempunyai integritas tinggi dan mampu memelihara serta mengembangkan ilmu pengetahuannya sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang atau tingkat yang lebih tinggi lagi dan mampu berperan serta dalam pengembangan budaya, seni, ilmu pengetahuan, teknologi dan penelitian.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.