Sejarah dan Perkembangan Fakultas Ekonomi UNTAR

Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara didirikan pada tanggal 1 Oktober 1959 oleh Yayasan Tarumanagara. Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara tersebut bertempat di Gedung Candra Naya, Jl. Gajah Mada No. 188 dengan Jurusan Ekonomi Perusahaan. Perguruan Tinggi ini dipimpin oleh Drs. Kho Oen Bik sebagai Dekan dan Drs. Loo Kiem Tjing sebagai wakil Dekan.

gedungcandranaya

Pada tanggal 1 Oktober 1962 secara resmi didirikan Universitas Tarumanagara sebagai pengembangan Perguruan Tinggi Ekonomi yang berubah menjadi Fakultas Ekonomi. Bersamaan dengan itu pula Jurusan Ekonomi Perusahaan diubah namanya menjadi Jurusan Manajemen dengan Program Studi S-1 Manajemen. Pada tahun 1972, dibuka Jurusan Akuntansi dengan Program Studi S-1 Akuntansi. Selanjutnya dibuka Program Studi D-III Akuntansi dan Manajemen Pemasaran pada tahun 1986 serta Program Studi D-III Manajemen Keuangan/Perpajakan pada tahun 1989. Dengan semakin berkembangnya Fakultas Ekonomi, maka pada tanggal Januari 2007 dibuka program Studi S2 Magister Akuntansi (MAKSI) dan tanggal 12 Maret 2007 dibuka Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA).

gedunguntarfakultasekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara merupakan Fakultas tertua dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Universitas Tarumanagara. Jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara meningkat dengan pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari alokasi ruangan/bangunan yang disediakan Yayasan Tarumanagara guna menampung dalam menyediakan prasarana. Sejak tahun 1994 Fakultas Ekonomi pindah dari Gedung Kampus I ke Gedung Kampus II yang letaknya berseberangan dengan Kampus I. Pada lokasi baru tersebut Fakultas Ekonomi menempati bangunan berlantai 17 pada gedung blok A yang seluruhnya diperuntukkan khusus bagi kegiatan belajar mengajar Fakultas Ekonomi. Selain gedung tersebut, pada tahun 1998 kegiatan belajar mengajar diperluas ke gedung-gedung yang lain yaitu gedung blok B, blok C berlokasi di Kampus II, masing-masing dengan 10 lantai.