Pemain San Xian di The 13th Quanzhou International Nanyin Symposium 2019

Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar Jeanette Pricillia menjadi pemain alat musik San Xian pada acara The 13th Quanzhou International Nanyin Symposium, 20-24 November 2019 di Quanzhou, China. 

Acara yang tergabung dalam rangkaian acara The 4th Maritime Silk Road International Arts Festival ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama budaya internasional agar genre musik klasik Nanyin lebih maju. 

Selain itu, festival ini menjadi peringatan 10 tahun musik Nanyin didaftarkan dalam UNESCO's Representative List of Intangible Cultural Heritage of Mankind.

Jeanette berharap prestasinya ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain. "Semoga acara seperti ini dapat menarik minat anak muda untuk tetap melestarikan alat musik tradisional," imbuhnya.

Sejak 2013, Jeanette tergabung dalam Yayasan Oriental Indonesia sebagai tempatnya belajar dan bermain musik. Jeanette mengaku tertarik dengan musik Nanyin karena berbeda dari yang lain. "Musik Nanyin berbeda dari lainnya karena menggunakan bahasa Min Nan Yu, bahasa daerah di China," ujarnya.

Jeanette ditunjuk sebagai delegasi setelah Yayasan Oriental Indonesia menerima undangan dari Pemerintah Indonesia. Selain China, Jeanette juga pernah tampil di negara lain seperti Singapura dan Filipina.

Maritime Silk Road International Arts Festival merupakan festival seni dan kebudayaan yang menjadi ajang pertukaran budaya internasional dan mendorong kerja sama antarnegara.


Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018